Kebayang dong gimana serunya berada didalam rumah sakit jiwa? pengalaman itu dirasakan mahasiswa/i Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Langkat saat dinas keperawatan jiwa ke rumah sakit jiwa daerah propinsi sumatera utara di medan.

Perjalanan jauh gw dari Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Langkat dari asrama di Stabat menuju medan terbayar sudah ketika kami masuk ke sebuah rumah sakit jiwa daerah terbesar di kota medan dikawasan Jl. Tali Air no. 21 Padang Bulan Medan. Kedatangan kami langsung disambut ibu Lince Herawati, S.Kep,Ns selaku Clinical Instructure di rumah jiwa tersebut.

Image result

Sebelum masuk ke area rumah sakit jiwa, ibu Lince menjelaskan aturan yang harus dipatuhi selama dinas. Dilarang meng upload foto ataupun video pasien jiwa ke youtube. Untuk menjaga privasi dari pasien jiwa tersebut. Enaknya niih… selama di brief kami diberikan snack kotak sebagai tanda telah melaksanakan orientasi.

Rumah sakit jiwa daerah propinsi sumatera utara, merupakan rumah sakit jiwa daerah yang merawat pasien jiwa tidak hanya dari propinsi sumatera utara saja. Melainkan dari pulau nias dan propinsi Aceh juga dirawat disini!

Rumah sakit jiwa daerah yang merupakan rumah sakit jiwa terbesar di kota medan ini, memberdayakan nama ruangan dengan menggunakan nama-nama gunung di propinsi sumatera utara serta nama-nama bunga. Bahkan yang dirawat dirumah sakit jiwa tersebut tidak semuanya menderita sakit jiwa. Melainkan ada yang sudah waras selama hampir 15 tahun tapi tak ingin pulang kerumah dengan alasan yang bermacam-macam.

Saat keliling rumah sakit jiwa, kami tergoda banget untuk berkenalan dan melihat langsung aktifitas para pasien jiwa. Mulai dari yang suka melakukan tindakan kekerasan bahkan sampai yang menarik diri. Once in a lifetime! lho. Bisa magang di rumah sakit jiwa!

Iklan