Event

Event: Sensasi Mengunjungi Rumah Sakit Jiwa


Kebayang dong gimana serunya berada didalam rumah sakit jiwa? pengalaman itu dirasakan mahasiswa/i Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Langkat saat dinas keperawatan jiwa ke rumah sakit jiwa daerah propinsi sumatera utara di medan.

Perjalanan jauh gw dari Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Langkat dari asrama di Stabat menuju medan terbayar sudah ketika kami masuk ke sebuah rumah sakit jiwa daerah terbesar di kota medan dikawasan Jl. Tali Air no. 21 Padang Bulan Medan. Kedatangan kami langsung disambut ibu Lince Herawati, S.Kep,Ns selaku Clinical Instructure di rumah jiwa tersebut.

Image result

Sebelum masuk ke area rumah sakit jiwa, ibu Lince menjelaskan aturan yang harus dipatuhi selama dinas. Dilarang meng upload foto ataupun video pasien jiwa ke youtube. Untuk menjaga privasi dari pasien jiwa tersebut. Enaknya niih… selama di brief kami diberikan snack kotak sebagai tanda telah melaksanakan orientasi.

Rumah sakit jiwa daerah propinsi sumatera utara, merupakan rumah sakit jiwa daerah yang merawat pasien jiwa tidak hanya dari propinsi sumatera utara saja. Melainkan dari pulau nias dan propinsi Aceh juga dirawat disini!

Rumah sakit jiwa daerah yang merupakan rumah sakit jiwa terbesar di kota medan ini, memberdayakan nama ruangan dengan menggunakan nama-nama gunung di propinsi sumatera utara serta nama-nama bunga. Bahkan yang dirawat dirumah sakit jiwa tersebut tidak semuanya menderita sakit jiwa. Melainkan ada yang sudah waras selama hampir 15 tahun tapi tak ingin pulang kerumah dengan alasan yang bermacam-macam.

Saat keliling rumah sakit jiwa, kami tergoda banget untuk berkenalan dan melihat langsung aktifitas para pasien jiwa. Mulai dari yang suka melakukan tindakan kekerasan bahkan sampai yang menarik diri. Once in a lifetime! lho. Bisa magang di rumah sakit jiwa!

Iklan

16 respons untuk ‘Event: Sensasi Mengunjungi Rumah Sakit Jiwa

  1. Salam mbak jatiara,
    Sy pny abg kandung yg sedang mengalami gangguan kjiwaan.
    Sdh sekitar 3 tahunan kami merawat sendiri drmh, hany brobat jalan kdokter ahli jiwa slma ini.
    Alsn kami tdk mmbawa ke RSJ krn org tua sy kuatir ttg playanan dan perawatan dsna, beliau tidak yakin bhw si sakit ini akn drawat dgn baik, sehingga akn menimbulkan gangguan jiwa yg lebih parah lg.
    Mbak, sbg org yg dl prnah merawat di RSJ, bagaimana sbnrny metode perawatan dsna?
    Dan ap yg dlakukan dokter sbg usaha utk mewaraskan pasien kembali?
    Tlg beri masukan ya mbak
    Agr org tua sy rela dan bs yakin utk membiarkan abg saya drawat.
    Terima kasih mbak jatiara

    Suka

    1. di RSJ menyediakan ruangan bangsal, kelas & vip. masalah pembayaran saya kurang tw. mgkin skrg sudah pakai BPJS.

      di RSJ klo pasiennya suka mengamuk ada algojo nya di setiap ruangan. algojo nya itu mantan pasien jiwa yang udah waras tapi gk mw plg krumah. tugasnya memimpin senam setiap pagi, mngatur barisan saat makan dan minum obat biar tertib.

      *untuk pasien yg susah diajak komunikasi metode perawatannya dengan cara pemberian obat.
      *untuk pasien yg agak waras barulah diajak berbicara mengenai masalah & cara mengatasinya biasanya itu akan diajarkan oleh siswa magang.
      *klo pasien suka mngamuk, memukul dan melarikan diri metode perawatannya dengan cara di setrum.

      knapa anda mw memasukan abg sndiri ke RSJ? selama abg anda tidak suka membanting dan mengamuk lbh bagus drumah aja.

      merawat pasien jiwa pulih 100% tidak instan. ada yg 6 bulan dirawat dsna lom tentu bisa setengah waras.

      Suka

  2. Kalau mau mengunjungi untuk shooting di bagian lorongnya aja boleh ga ya? Ini buat tugas sekolah sihh ga di publikasi. Makasih sebelumnya.

    Disukai oleh 1 orang

    1. waduh mw syuting 😀 bagusan jumpai aja koordinator RSJ. klo dulu namanya bu lince dia tugas di bagian perpustakaan… klo skrg saya gak tau apakah masih bu lince atw sudah diganti org lain.

      Suka

    1. masuk aja ke RSJ. ruang perpustakaan paling belakang. tanya aja disitu. kan banyak anak mahasiswa. soalnya koordinator RSJ jarang ditempat. nta aja nmor telpon nya.

      Suka

Komentar ditutup.