Image result

Hello readers!

Gak terasa yah udah masuk di pertengahan bulan September. Kali ini gw bakalan bahas masalah gaji. Hmmm… biasanya nih bagi yang kerja kalo udah tengah bulan pasti dompet dah mulai sisa selembar 😀

Back to the topic!

Gaji kecil sering banget jadi alasan bagi pegawai atau karyawan untuk memutuskan mengundurkan diri (resign), tapi apa benar kalau gaji kecil harus resign???

Berikut tips dan strategi berdasarkan pengalaman JaTiara kerja sebagai perawat di RS agar anda mampu bertahan dengan gaji anda yang kecil tanpa harus merasa kekurangan bahkan bisa sukses berkarir.

1. Ramah

Ini merupakan modal dasar agar kamu lebih cepat dikenal di kalangan teman kerja mu. Minimal dimulai dari satu divisi dulu, lalu berlanjut ke divisi lain. Jangan malu untuk memulai. Karena gak aneh kog untuk menyapa duluan. Apalagi kalau masih berstatus pegawai baru. Ini merupakan kesempatan bagi kita untuk mendapat teman baru dan update terbaru seputar tempat kita bekerja. Kita tetap bisa berkumpul dan jalan bareng dengan mereka saat libur kerja.

2. Nebeng gratis

Jika kamu berstatus anak kos sama seperti gw dulu gak ada salahnya kamu nebeng dengan teman kerja kamu. Itulah gunanya kamu ramah dengan yang lain. Suatu saat jika teman kamu melihat kamu sedang jalan kaki atau menunggu angkot maka mereka akan langsung memberikan tumpangannya secara gratis. Sehingga kamu bisa menghemat uang gaji.

3. Kos paket hemat

Survei dulu harga kos yang menawarkan paket hemat atau setidaknya lokasi kos dekat dengan lokasi kerja kamu. Dulu gw bisa dapat kos dengan paket hemat karena teman kuliah gw merasa kesepian di klinik tempat dia bekerja jadi dia ngomong langsung sama yang punya klinik. Akhirnya gw dikenakan biaya kos + makan pagi / siang / malam. Mana ada kos zaman sekarang yang menyediakan fasilitas begitu. Dengan begitu gak ada lagi alasan buat jajan diluar.

4. Perbanyak pengalaman & ikut pelatihan

Sebagai pegawai tentu kamu ingin dihargai dan mendapatkan gaji yang besar dari pekerjaan kamu, tapi tahukah kamu bahwa atasan akan menilai bahwa layak-kah kamu mendapatkan gaji yang besar dengan potensi yang kamu miliki sekarang ini. Tidak banyak pegawai yang menyadari ini karena mereka hanya menuntut gaji yang besar namun minim prestasi dan kontribusi untuk tempat kerja, sehingga tempat kerja merasa mereka belum pantas untuk memberikan gaji lebih untuk anda. Sekarang mulailah berpikir untuk menggali potensi yang ada pada diri kamu, berikan kontribusi serta perbanyak prestasi kerja maka tempat kerja kamu akan memperhatikan kamu serta secara otomatis gaji pun akan naik.

5. Lirik kerja part time

Jika gaji kecil kamu tidak mencukupi untuk kebutuhan hidup, Cobalah untuk menggunakan waktu luang kamu untuk bekerja freelance sesuai dengan minat serta bakat seperti menjadi dosen paruh waktu, atau menulis blog yang menghasilkan uang.

6. Berbisnis Online

Bisnis online bisa menjadi solusi bagi kamu yang bekerja dengan gaji kecil, mulailah berpikir untuk berbisnis online karena ini bisa kamu lakukan di sela-sela pekerjaan kamu serta penghasilan yang kamu dapatkan juga cukup lumayan, bahkan jika serius menekuni bisnis online bisa jadi penghasilan kamu akan melebihi dari gaji pokok.

7. Bekerjalah karena gengsi

Zaman sekarang cowok itu lebih mau mencari calon istri yang bekerja dengan penampilan pakaian seragam. Karena itu bisa jadi ajang pamer tersendiri buat mereka. Mereka tidak akan malu seandainya ditanya oleh saudara bahkan tetangga. Walaupun gaji kamu cuma Rp 300 ribu layaknya pegawai honorer.

Demikianlah tips singkat ala pengalaman JaTiara. Saran gw pandai-pandailah bersyukur, temukan potensi diri serta gali minat dan bakat sehingga kamu akan selalu bahagia, mampu bertahan dan menjadi sukses tanpa banyak mengeluh.

 

Iklan